Selasa, 16 April 2013

Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil




5.7 Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
            Diskusi kelompok kecil adalah suatu proses percakapan yang teratur dan melibatkan sekelompok orang dalam interaksi tatap muka yang bebas dan terbuka, dengan tujuan berbagai informasi atau pengalaman, mengambil keputusan, memecahkan suatu masalah. Sehingga pengertian keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil adalah keterampilan melaksanakan kegiatan membimbing siswa agar dapat melaksanakan diskusi kelompok kecil dengan efektif.
a. Tujuan
1)      Siswa dapat memberi informasi atau pengalaman dalam menjelajahi gagasan baru atau masalah yang harus dipecahkan oleh mereka.
2)      Siswa dapat mengembangkan pengetahuan dan kemampuan untuk berpikir dan komunikasi
3)      Siswa dapat terlibat dalam perencanaan dan pengambilan keputusan.

b. Komponen Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
1)      Memusatkan perhatian siswa pada tujuan dan topik diskusi.
2)      Memperjelas masalah maupun usulan/pendapat.
3)      Meningkatkan usulan siswa.
4)      Menganalisis pandangan  dan pendapat siswa.
5)      Menyebarluaskan kesempatan berpartisipasi.
6)      Menutup diskusi.

c. Prinsip-prinsip Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
Diskusi hendaknya berlangsung dalam “iklim terbuka”. Hal ini ditandai dengan adanya keantusiasan berpartisipasi, kehangatan hubungan antar pribadi, kesediaan menerima dan mengenal lebih jauh topik diskusi, dan menghargai pendapat orang lain. Dengan demikian semua anggota kelompok mempunyai keinginan untuk mengenal dan dihargai, dapat merasa aman, dan bebas mengemukakan pendapat.
1)      Perlu perencanaan dan persiapan yang matang, meliputi:
a.       topik yang dipilih hendaknya sesuai dengan tujuan yang akan dicapai, minat, dan kemampuan siswa.
b.      Masalah hendaknya mengandung jawaban yang komplek, bukan jawaban tunggal.
c.       adanya informasi pendahuluan yang berhubungan dengan topik tersebut agar para siswa memiliki latar belakang pengetahuan yang sama.
d.      Guru harus benar-benar siap dengan sumber informasi sebagai motivator sehingga mampu memberikan penjelasan dan mengerjakan pertanyaan-pertanyaan yang dapat memotivasi siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar